PENGEMBANGAN LKS MENULIS CERITA PENDEK UNTUK SISWA KELAS III SDN 11 BANDA ACEH

Penulis

  • Dina Nesta
  • Cut Marlini
  • Zaki Al Fuad

Kata Kunci:

LKS, Menulis Cerita Pendek

Abstrak

Keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen yaitu: (1) keterampilan menyima (2) keterampilan berbicara (3) keterampilan membaca dan (4) keterampilan menulis, keterampilan tersebut saling berhubungan satu sama lain. Dari ke empat keterampilan berbahasa tersebut yang diteli disini adalah tentang keterampilan menulis. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi, bahwa keterampilan  menulis  cerita yang diajarkan selama ini menggunakan teknik menulis cepat, dimana siswa hanya menulis cerita sampai habis tidak memperhatikan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia ) dengan baik dan benar, tidak pernah dijelaskan terlebih dahulu unsur-unsur yang ada dalam cerita. Pada saat pembelajaran berlangsung menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam pembelajaran menulis cerita sehingga karya yang dihasilkan siswa tidak menarik dan kurang baik  yang dapat dinilai baik, apabila sesuai dengan  aspek dan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan LKS menulis cerita pendek untuk siswa Kelas III SD Negeri 11 Banda Aceh yang valid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseach & Development) dengan model ADIIE yang mencakup lima langkah yaitu: tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tehnik validasi untuk menguji kelayakan dari ahli materi, ahli isi, ahli desain, dan ahli bahasa. Hasil penelitian adalah: telah mengembangkan LKS menulis cerita pendek untuk siswa kelas III SD, rata-rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk yaitu: ahli materi mendapatkan rata-rata 3,55 dengan kriteria (sangat layak), ahli isi mendapatkan rata rata 3,80 dengan kriteria (sangat layak), ahli desain mendapatkan rata-rata 3,50 (sangat layak), dan ahli bahasa mendapatkan rata rata 3,33 dengan kriteria (Sangat layak ). Bedasarkan hasi validsi , dapat disimpulkan bahwa LKS menulis cerita pendek dinyatakan sangat valid dan tidak memerlukan perombakan yang signifikan sehingga sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar