ANALISIS PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PAUD MUTIARA

Penulis

  • Nazariah Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
  • Fitriah Hayati
  • Millata Zamana

Kata Kunci:

Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam, Anak Usia Dini, Analisis

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pergeseran pada penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di PAUD Mutiara kelompok B, ditemukan masalah yaitu adanya pergeseran nilai-nilai Pendidikan agama islam pada anak usia dini khususnya di PAUD Mutiara, Berdasarkan latar belakang permaslahan diattas maka rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penanaman nilai-nilai agama islam pada anak usia dini  Kelompok B di PAUD Mutiara dapat meningkat. Tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan penanaman nilai-nilai agama islam pada anak usia dini kelompok B di PAUD Mutiarasetelah melaksanakan penelitian maka dapat dilihat peningkatan pada indikataor mengenal agama yang dianutnya pada untuk Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 5 orang anak yang dapat menyebutkan dan mulai memahami maksud dari ucapan tentang agama yang dianutnya, dan untuk Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 6 orang anak yang dapat memahami dengan baik bahwasanya agama yang dianutnya yaitu agama Islam. Untuk indikataor mengenal Pencipta Allah SWT melalui ciptaanNya penilaian untuk Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 4 orang anak yang dapat menyebutkan dan mulai memahami maksud dari ucapan tentang Allah SWT sebagai Penciptanya melalui Ciptaan Nya, dan untuk Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 6 orang anak yang dapat memahami dengan baik bahwasanya Allah SWT adalah Pencipta melalui ciptaanNya.Untuk indikator mengerjakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya untuk Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 4 orang anak yang sudah mulai terbiasa dalam mengerjakan ibadah seusai agama yang dianutnya yaitu agama Islam, dan untuk Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 7 orang anak yang sudah memahami dan dapat mengerjakan sendiri dengan baik bagaimana beribadah sesuai agama Islam. Untuk indikator berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif dapat kita lihat Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 6 orang yang dapat melakukan kegiatan berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, pada Berkembang Sangat Baik (BSB) ada  anak 6 orang anak yang dapat melakukan berperilaku dengan jujur, penolong, sopan, hormat, sportif tanpa diminta atau diarahkan oleh guru untuk melakukannya.Untuk indikator menjaga kebersihan diri dan lingkungan pada Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 5 orang anak yang berkembang sesuai harapan dan arahan dari guru agar dapat menjaga kebersihan diri maupun lingkungannya, untuk Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 5 orang anak yang dapat melakukan tanpa arahan dan bimbingan dari guru dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD