EFEKTIFITAS PERMAINAN CONGKLAK BERBASIS KOMPETISI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS III SD NEGERI 19 BANDA ACEH

Penulis

  • Ade Irama Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto
  • Millata Zamana

Kata Kunci:

Permainan congklak berbasis kompetesi, Kemampuan berhitung, Efektifitas

Abstrak

Kemampuan anak dalam berhitung akan tercapai apabila guru mampu melakukan upaya melalui berbagai kegiatan yang kreatif dalam menunjang mengembangkan kemampuan anak dalam berhitung. Guru sebaiknya tahu cara mengajar yang baik kepada murid-muridnya. Ketika didalam didalam kelas, seorang guru mengambil kendaki atas kegiatan yang akan dilakukan saat belajar dengan murid-muridnya. Jika respon murid ternyata merasa senang belajar bersama guru yang bersangkutan, bisa dipastikan guru tersebut menggunakan metode mengajar yang baik dan tidak menonton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apakah Permainan Congklak Berbasis Kompetisi Efektif Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa kelas III SD Negeri 19 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah. untuk mengetahui efektifitas permainan congklak berbasis kompetisi terhadap kemampuan berhitung Siswa kelas III SD Negeri 19 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh akan diolah dalam bentuk angka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dan setelah diberikan penerapan permainan congklak berbasis kompetesi dengan nilai t = 0,935 >0.05, yaitu rata-rata kemampuan berhitung siswa kelas 3 SD Negeri 19 Banda Aceh  setelah diberikan penerapan permainan congklak berbasis kompetesi lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan siswa kelas 3 SD Negeri 19 Banda Aceh sebelum diberikan penerapan permainan congklak berbasis kompetesi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar