PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN UNTUK KELAS I SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Penulis

  • Firda Universitas Bina Bangsa getsempena Banda Aceh
  • Cut Marlini
  • Helminsyah

Kata Kunci:

LKPD, 4-D Model, Pembelajaran menulis permulaan.

Abstrak

Berdasarkan analisis awal akhir peneliti, kegiatan analisis dilakukan dengan mengkaji masalah selama kegiatan pembelajaran dikelas yakni dengan mengkaji bentuk perangkat pembelajaran. Peneliti memilih SDN Kajhu Aceh Besar untuk dilakukan analisis. Di SDN Kajhu Aceh Besar kurikulum yang berlaku adalah (K-13), dan untuk bentuk perangkat pembelajaran yang sudah ada disekolah peneliti memutuskan untuk menyesuaikan. Perangkat pembelajaran dimodifikasi dengan mengembangkan LKPD pada materi tertentu untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis permulaan kelas I SD Negeri   Kajhu Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model 4-D yang mana pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu tahap define, design, dan develop. Instrumen penelitian berupa analisis data kevalidan, analisis hasil belajar, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengembangan LKPD pada pembelajaran menulis permulaan untuk kelas I sd negeri kajhu aceh besar hasil semua validator telah diperoleh hasil keseluruhan dengan persentase 90% dengan kategori “Sangat Valid” untuk digunakan dalam proses pembelajaran, ketuntasan hasil belajar 85% “Sangat Tuntas”, hasil uji hipotesis deskriptif H0 diterima dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, artinya LKPD efektif digunakan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar