PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN HEART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 69 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Broken Heart, Hasil belajar siswaAbstrak
Hasil observasi awal dikelas V diketahui bahwa ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi secara ceramah sehingga siswa kurang terlibat aktif mengakibatkan pemahaman siswa kurang. Hal tersebut menyebabkan proses kegiatan belajar mengajar di kelas terganggu dan tentunya berdampak terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Untuk menarik perhatian siswa, maka peneliti tertarik menggunakan model kooperatif. Model pembelajaran kooperatif dengan bekerja sama memiliki banyak tipe, salah satunya ialah Broken Heart atau disebut juga dengan puzzle (Komalasari, 2013:26). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Heart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Heart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh. Pendekatan Penelitian menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 69 Banda Aceh yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pretest dan tes postest. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kualifikasi rerata tes akhir (posttest) dengan menggunakan uji t diperoleh nilai = 4,42 dan = , sehingga yaitu , maka ditolak dan Ha diterima. Peningkatan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Heart berada dalam kategori tinggi yaitu 0,7 > g ≥ 0,3. Berdasarkan hal tersebut, maka dikatakan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Broken Heart berpengaruh dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 69 Banda Aceh.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.