UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TKAL-MUHAJIRIN ACEH BESAR

Penulis

  • siti warni universitas bina bangsa getsempena
  • Wahidah Nasution
  • Riza Oktariana

Kata Kunci:

Kemampuan Berbicara, Media Boneka Tangan.

Abstrak

Bermain dengan menggunakan media boneka tangan haruslah menyenangkan dan berbicara anak itu harus dibuat menjadi suatu hal yang menyenangkan pula. Bagi anak usia taman kanak-kanan belajar berbicara  itu penting untuk mengembangkan rasa percaya diri pada anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelompok B1 TK Al Muhajirin Aceh Besar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan media boneka tangan pada siswa kelompok B1 TK Al Muhajirin Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 15 orang anak, dan 8 laki-laki dan 7 anak perempuan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aktivitas prasiklus dengan semua indikator terdapat  jumlah presentase dengan kategori belum berkembang 30% (5 anak), mulai berkembang dengan skor 35% (5 anak), berkembang sesuai harapan dengan skor 25% (4 anak) dan pada berkembang sangat baik 10% (1 anak). Pada siklus I jumlah presentasi belum berkembang, pada mulai berkembang dengan 21 anak ( 2%), sedangkan pada berkembang sesuai harapan 11 anak ( 70%) dan pada berkembang sangat baik 4 anak ( 28%) . Pada siklus II jumlah presentase tidak ada lagi kategori belum berkembang dan mulai berkembang, katagori berkembang sesuai harapan adalah 42% (6 anak) dan pada katagori berkembang sangat baik adalah 58% ( 9 anak). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media boneka tangan di Kelompok B1 TK Al Muhajirin Aceh Besar siklus kedua.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD