PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-KAWANAD BANDA ACEH

Penulis

  • Masdewita Universitas bina bangsa getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas bina bangsa getsempena
  • Yusrawati JR Simatupang

Kata Kunci:

Media Pop Up Book, Huruf Hijaiyah, Anak Kelompok B

Abstrak

Kemampuan mengenal huruf hijaiyah adalah kemampuan yang terlihat sederhana, akan tetapi kemampuan ini sangat penting untuk dipelajari anak. Pada tahap ini, anak akan belajar mengenai bentuk dan bunyi huruf hijaiyah sehingga anak mengetahui bentuk huruf hijaiyah dan memaknainya. Tujuan penelitian ini yakni: 1) untuk mengetahui pengembangan media pop up book untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf hijaiyah untuk anak kelompok B dan 2) untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada kelompok B di TK Al-Kawanad Banda Aceh dengan penggunaan media pop up book. Pendekatan penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis metode deskriptif. yang digunakan yaitu analisis isi atau penarikan/verifikasi kesimpulan. istrumen yang digunakan adalah penyajian data oleh peneliti sendiri, untuk menjaga keabsahan data. Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa pengembangan media pop-up book memperoleh kategori layak untuk digunakan dengan hasil rata-rata skor 4 dan perkembangan kemampuan siswa meggunakan media pop-up book dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSH) dengan hasil rata-rata skor 4 sehingga media pop-up book dapat digunakan sebagai media pemebalajaran pengenalan huruf hijaiyah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD