Analisis Kemampuan Membaca permulaan Anak Kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh

Penulis

  • mauizah zahra Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Analisis, Kemampuan membaca permulaan anak.

Abstrak

Pengenalan membaca permulaan sangat perlu diberikan pada anak. Melalui kegiatan membaca permulaan, anak akan mengenal symbol-simbol huruf, bentuk huruf, bunyi huruf dan membaca kata. Hal tersebut sesuai dengan permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa perkembangan bahasa dalam lingkup keaksaran pada usia 5-6 tahun yaitu menyebutkan symbol-simbol huruf yang dikenal memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca serta menulis nama sendiri. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan Kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh, 2) Untuk   mengetahui   kegiatan   yang   akan   meningkatkan   kemampuan membaca permulaan Anak, 3) Untuk   mengetahui   apa   saja   kendala   yang   dihadapi   guru   dalam mengajarkan kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan guru kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 2 orang dan observasi anak TK B yang berjumlah 20 anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa membaca permulaan sangatlah penting bagi anak usia dini dimana akan menjadi pondasi awal dalam membaca. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam membaca permulaan terletak pada pengenalan huruf ketika mengeja, sebagian anak masih belum mengenal huruf. Namun setiap kesulitan yang dihadapi pastinya ada solusi, Solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh dilakukan dengan memperkenalkan huruf-huruf dan suku-suku kata kepada anak dengan mengulang-ngulang setiap huruf agar anak lebih mudah mengingat setiap huruf dengan baik secara rutin. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Alam Pelangi yaitu tidak semua anak dapat memahaminya dengan baik, dikarenakan kemampuan anak yang berbeda-beda dan responnya kurang. Penyebab muncunya kendala tersebut terdapat dari cara penyampaiannya yang dilakukan melalui proses yang berbeda karena perkembangan anak juga beda-beda jadi penyampaiannya juga berbeda.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-14

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD