PENGARUH MEDIA MAKET BERBASIS CERITA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD IK NURUL QURAN

Penulis

  • Mira Fariza Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Teuku Mahmud Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Yenni Mutiawati

Kata Kunci:

Keterampilan berbicara, Media maket, Komunikasi

Abstrak

Berbicara sebagai suatu proses komunikasi, proses perubahan bentuk pikiran atau perasaan menjadi bentuk bunyi bahasa. Pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IK Nurul Quran ini diajarkan dengan metode bercerita tentang islami melalui media maket sehingga begitu menarik bagi anak. Untuk itu tujuan dilakukan penelitian tentang media maket agar dapat mengetahui media tersebut berpengaruh atau tidak terhadap keterampilan berbicara pada anak subjek penelitian ini berjumlah 15 anak, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui nilai lembar observasi yang dilakukan dengan eksperimen pretest dan posttest, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 15 - 1 = 14, maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (14), sehingga diperoleh t(0,975) (14) = 2,14 karena thitung > ttabel, yaitu 9,451 > 2,14. Dengan demikian hipotesis penelitian ini Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media maket berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak di PAUD IK Nurul Quran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD