PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1/A SD NEGERI 32 BANDA ACEH

Penulis

  • Elysa Wulandari
  • Cut Marlini
  • Ully Muzakir

Kata Kunci:

Video Animasi, Keterampilan Membaca

Abstrak

Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi, tetapi berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan bahasa seseorang. Oleh karena itu, perlu adanya keterampilan membaca permulaan yang harus dimiliki anak usia dini. Maka, dilakukan Penelitian yang bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1/A SD Negeri 32 Banda Aceh. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif. Langkah penelitian menggunakan beberapa Teknik pengumpulan data, yaitu ; (1) teknik lisan (post test/pre-test) ; (2) dokumentasi. Serta Teknik analisis data, yaitu ; (1) rusmus distribusi frekuensi ; (2) uji rata-rata ; (3) rumus simpangan baku ; (4) uji normalis data ; (5) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan media video animasi berpengaruh terhadap peningkatan membaca permulaa siswa, yang dibuktikan dengan nilai rata-rata sebelum penerapan media video animasi 73,3448 meningkat menjadi 81,328 setelah penerapan media video animasi. Hasil ini juga diperkuat oleh hasil pengujian hipotesis yaitu thitung > ttabel (2,893>2,052),  dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1/A SD Negeri 32 Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar