EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA ANGKA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK POETEUMEUREUHOM BANDA ACEH
Kata Kunci:
Permainan Bola Angka, Kemampuan Berhitung, EfektivitasAbstrak
Kemampuan berhitung adalah salah satu pembelajaran yang diajarkan dalam pendidikan anak usia dini sebagai penentuan dalam jenjang Sekolah Dasar terutama pada anak usia 4-5 tahun yang berada pada kelompok A. Pembelajaran berhitung juga merupakan bagian terpenting bagi anak, apabila kegiatan berhitung dilakukan dengan berbagai macam kegiatan dengan menggunakan media yang lebih menarik atau menggunakan permainan yang dapat mempengaruhi minat belajar dalam berhitung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah media bola angka efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas permainan bola angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 Tahun di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena gejala yang ditimbulkan diperlakukan dengan sengaja oleh peneliti, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-experimen dengandesain yaitu one-group pretes-postest. Sampel penelitian ini yaitu 20 anak. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 20 - 1 = 19, maka daftar distribusi t dengan t(0,975) (19), sehingga diperoleh t(0,975) (19) = 2,09 karena thitung > ttabel, yaitu 14.48 > 2,09. Dengan demikian hipotesis penelitian ini, Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap sopan santun pada anak kelompok B4 di TK Poteumeureuhom Banda Aceh. Penggunaan permainan bola angka efektif terhadap kemampuan berhitung pada anak kelompok B4 TK Poteumeureuhom Banda Aceh, bahwa thitung > ttabel, yaitu 14.48 > 2,09 sehingga hipotesis dalam penelitian ini Ha di terima.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.