MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL RABA-RABA PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI BEURABO KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE

Penulis

  • Misnaiyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati
  • Dewi Yunisari Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

: perkembangan social emosional, permaainan tardisional

Abstrak

Perkembangan sosial emosional anak adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Tingkat interaksi anak dengan orang lain dimulai dari orang tua, saudara, teman bermain hingga masyarakat luas. Namun berdasarkan hasil pengamatan selama proses pembelajaran pada semester ganjil 2021 pada anak kelompok A TK Negeri Beurabo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie terlihat bahwa kemampuan sosial emosional anak masih belum sesuai harapan. Hal ini terlihat pada saat kegiatan bermain di luar, anak tidak sabar menunggu giliran pada saat bermain ayunan dan perosotan dan sering terjadi rebutan mainan. Begitu juga dengan kegiatan didalam ruangan, anak belum mampu mematuhi peraturan pada saat bermain dan juga sering membawa mainan sendiri seperti slime dan cenderung bermain sendiri dan tidak bersosialisasi dengan teman dan lingkungannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui adanya peningkatan perkembangan sosial emosional melalui permainan Tradisional raba-raba pada anak kelompok A TK Negeri Beurabo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Negeri Beurabo dengan jumlah anak didik 14 orang. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan data perkembangan sosial emosional anak dengan katagori belum berkembang 38% (5 anak), katagori mulai berkembang 43% (6 anak), katagori berkembang sesuai harapan 14% (2 anak) dengan katagori berkembang sangat baik 5% (1 anak). Pada siklus ke II menunjukkan data perkembangan sosial emosional anak dengan katagori belum berkembang 5% (1 anak), katagori mulai berkembang 14% (2 anak), katagori berkembang sesuai harapan 45% (6 anak) dengan katagori berkembang sangat baik 36% (5 anak) Secara keseluruhan persentase perkembangan sosial emosional anak pada data tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional raba-raba dapat meningkatkan perkembanagn sosial emosional pada anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD