EFEKTIVITAS PERMAINAN BALOK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 5 BANDA ACEH

Penulis

  • Yola Restina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mik Salmina Universitas bina bangsa getsempena
  • Cut Fazlil Hanum Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Permainan, Balok Angka, Kemampuan berhitung

Abstrak

Kemampuan berhitung perlu diperkenalkan sejak usia dini, dimana pada tahapan awal anak harus diperkenalkan terlebih dahulu konsep angka yang sederhana. Terkait dengan hal tersebut, kemampuan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Negeri 5 Banda Aceh belum berkembang secara maksimal sehingga diperlukan upaya untuk mengatainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan balok angka terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B-5 TK Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Sampel penelitian anak kelompok B yang berjumlah 15 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistika. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B yang ditunjukkan dengan hasil pengujian hipotesis bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 19,56 ≥ 1,76. Maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikan 0,05% dengan db = 14. Sehingga permainan balok angka efektif meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK Negeri 5 Banda Aceh dan hasil penelitian ini juga didukung oleh beberapa penelitian lainnya tentang permainan balok angka.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD