PENGARUH KOMUNIKASI WALI KELAS DENGAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 46 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Komunikasi, Pembelajaran Daring, Orangtua, Wali Kelas, Covid’19Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini yaitu pengaruh komunikasi orangtua dan guru selama pembelajaran daring. Dimana komunikasi antara orang tua dan guru sangatlah penting dan harus diutamakan pada pembelajaran daring karena siswa melakukan pembelajaran di rumah masing-masing. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan orang tua dan guru kelas dimana yang dilakukan orang tua dan guru agar siswa tetap aktif dalam pembelajaran daring yakni salah staunya dengan adanya komunikasi yang baik antara orang tua dan guru. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana dalam bentuk penjabaran data dilakukan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh komunikai orangtua dan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi Covid’19. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pengaruh komunikasi guru dan orangtua sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada system daring ini.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.