MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL (KELERENG) PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TGK CHIK DI GOGO KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE

Penulis

  • Misrawati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ahmad Nasriadi Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

mengenal bilangan, permainan tradisional

Abstrak

Pendidikan Taman kanak-kanak pada hakekatnya merupakan pemberian stimulasi termasuk pembinaan dan pelatihan agar anak memiliki kemampuan tertentu yang diperlukan dalam kehidupannya sekarang dan di masa mendatang. Kemampuan tersebut diantaranya adalah kemampuan mengenal bilangan. Kemampuan mengenal bilangan pada anak sangat penting dikembangkan guna memperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran pada tahap berikutmya. Namun berdasarkan hasil observasi pada anak kelompok B terlihat bahwa kemampuan mengenal angka anak masih belum sesuai harapan, anak-anak kesulitan menyebutkan angka yang di tulis di papan tulis, anak-anak juga sulit membedakan angka yang ada di kartu bergambar dan juga kalau guru mengacak angka-angka tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui bermain kelereng anak kelompok B TK Tgk Chik Di Gogo Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 17 anak yang dilakukan pada bulan Mei 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi.  Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan pada siklus I  dengan kategori belum berkembang 47% (8 anak), kategori mulai berkembang 31% (5 anak), kategori berkembang sesuai harapan 12% (2 anak),  dan kategori berkembang sangat baik 10% (2 anak). Pada  siklus ke II jumlah kategori belum berkembang 1 anak (6%) ,mulai berkembang 2 anak (13%), kategori berkembang sesuai harapan adalah 37% (6 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 44% (8 anak). Dapat disimpulkan bahwa permainan kelereng dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD