MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B3 MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI TK IT AL-LATIF

Penulis

  • Yenni Faridah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci : Motorik Halus, Kegiatan Menganyam.

Abstrak

Latar belakang masalah, Metode yang digunakan terlau menonton (tidak menarik), media yang digunakan dalam kelas sangat terbatas, guru kurang kreatif. kurangnya kegiatan motorik halus yang diberikan untuk anak. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: Apakah kegiatan menganyam dapat meningkatkan motorik halus kelompok B3 di TKIT AL- LATIF? Adapun jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas, Subjek pada penelitian ini adalah anak di TKIT AL- Latif yang berjumlah 28 anak, yaitu 13 anak perempuan, 15 anak laki-laki, dengan rentang usia 5-6 tahun. Teknik analisis data yang digunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan motorik halus anak dapat di lihat dari hasil penelitian sebagai berikut :  Hasil rata-rata siklus I perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam, (BB) 5 anak atau 21%, (MB) 5 anak atau 21 %, (BSH) 7  anak atau 29% dan (BSB)  7 anak atau 29%. Hasil rata-rata siklus II,  (BB) 1 anak atau 4 %, (MB)1  anak atau 4 %, (BSH) 2 anak atau 7 % dan BSB) 24 anak atau 85%. Simpulannya melalui kegiatan menganyam dapat  meningkatan motorik halus anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD