UPAYA PENINGKATAKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK KELOMPOK B1 MELALUI METODE BERCERITA DI TKIT AL-LATIF

Penulis

  • Athiyatullah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Metode bercerita.

Abstrak

Berdasarkan latar belakang masalah, dimana kecerdasan interpersonal anak masih tidak sesuai yang diharapkan di mana anak masih Sebagian anak ada yang suka bermain sendiri, anak kurang suka bekerja sama pada saat diberi tugas didalam kelompok, anak kurang peduli terhadap temannya, sebagian anak tidak mempunyai rasa empati dan simpati terhadap temannya, anak masih kurang memahami cara berkomunikasi yang baik sesame teman. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian anak kelompok B1 dengan jumlah 24 anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase yaitu pengolahan data yang dikumpulkan melalui observasi. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dengan metode bercerita pada kelompok B1 TKIT Al-Latif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan kecerdasan interpersonal dapat di lihat dari hasil penelitian sebagai berikut:  Hasil rata-rata siklus I kecerdasan interperseonal melalui metode bercerita, (BB) 5 anak atau 21%, (MB) 5 anak atau 21 %, (BSH) 7  anak atau 29% dan (BSB)  7 anak atau 29%. Hasil rata-rata siklus II,  (BB) 1 anak atau 4 %, (MB)1  anak atau 4 %, (BSH) 2 anak atau 13 % dan BSB) 20 anak atau 83%. Hasil penelitian menunjukkan melalui metode bercerita  dapat meningkatkan kecerdasan interperseonal anak kelompok B1 TKIT Al-Latif.

      

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru PAUD