PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD N RUMPET KELAS IV PADA SUB MATERI “RENDAH HATI”

Penulis

  • Tari Mufiza Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Millata Zamana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

media pembelajaran, motivasi belajar, Numbered Heads Together

Abstrak

Model NHT merupakan salah satu model kooperatif yang dalam pelaksanaanya pembelajarannya mengutamakan kerja sama dan saling tolong menolong antar anggota kelompok dalam memahami materi pelajaran, yang akan meingkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model cooperatif leraning tipe NHT (numbered Head Together) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi “Rendah Hati “ kelas 4 SD Rumpet Aceh Besar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui  model cooperatif Learning tipe NHT ( numbered Head together ) agar apakah  dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi “Rendah Hati “ kelas 4 SD Rumpet Aceh Besar. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian pre-eksperimen, menggunakan pretest dan post test pada 1 kelompok kelas. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa SDN rumpet kelas IV pada Sub Materi “Rendah Hati” dan meningkatkanh hasil belajar para siswa, hal ini diperkuat dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% serta dan dengan tingkat klasifikasi motivasi sebanyak 5 atau sebesar 25% siswa memiliki motivasi yang sangat tinggi, sebanyak 9 atau sebesar 45% siswa memiliki motivasi yang sangat sedang, dan sebanyak 6 atau sebesar 30% siswa memiliki motivasi yang sangat rendah, berdasarkan hal tersebut diperoleh bahwa rata-rata motivasi siswa berada pada kategori sedang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar