PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 69 BANDA ACEH
Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pop Up Book, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media Pop Up Book untuk meningkatkan Motivasi Belajar siswa di kelas III SD Negeri 69 Banda Aceh menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yaitu: tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Develop (pengembangan), dan tahap Disseminate (penyebaran). Siswa masih belum mampu memahami materi yang diberikan oleh guru pada saat pembelajaran dikelas. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket) dari sumber dan data yang valid. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 69 banda Aceh dengan instrument pengumpulan data berupa validasi media Pop Up Book yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media untuk melihat kevalidan media Pop Up Book dan pemberian kuesioner indikator motivasi belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media Pop Up Book sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Berdasarkan penilaian hasil validasi dari 2 dosen ahli materi dan 2 ahli desain media pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan sebesar 3,56 dengan kriteria (Sangat Layak). Berdasarkan hasil validasi, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book dinyatakan valid dan tidak memerlukan perombakan yang signifikan sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran dan berdasarkan hasil rata-rata indikator motivasi belajar siswa mendapatkan hasil 3,27 dengan kategori Sangat termotivasi. Dengan demikian media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.