PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMANFAATAN SUMBER ENERGI KELAS IV SD NEGERI 15 BANDA ACEH
Kata Kunci:
media pembelajaran, discovery learning, kemampuan kognitifAbstrak
Model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan salah satu alternative dalam mengerjakan materi pemanfaatan sumber energi. Dengan pembelajaran penemuan ini siswa belajar lebih aktif, mengamati langsung dan menemukan sendiri hal disekitar dan membangun pegetahuan nya sendiri dengan saling bekerja sama dalam suatu kelompok belajar. Guru menyajikan beberapa pegetahuan dan kemudian mendorong kelompok siswa untuk menyusun pengetahuan sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV di SDN 15 Banda Aceh pada mata pelajaran IPA materi pemanfaatan sumber energi. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian Pre-experimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test, dimana terdapat soal pre-test sebelum di berikan perlakuaan dan soal post-test setelah diberikan perlakuan mengunakan model discovery learning. Penelitian ini hanya memliki satu kelas eksperimen tanpa kelas control. Kesimpulan dari penelitian penggunaan model discovery untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi pemanfaatan sumber energi kelas IV SD Negeri 15 Banda Aceh yaitu sebelum penerapan Model Discovery nilai rata-rata siswa rendah yaitu sebesar 66 dengan sebanyak 12 siswa atau sebesar 54,54% siswa tidak tuntas sebanyak 8 siswa atau sebesar 44,45% siswa melewati nilai KKM. Setelah dilakukan penerapan Model Discovery nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 80 Sebanyak 17 siswa atau sebesar 77,27% siswa memiliki nilai diatas 70 dan sebanyak 5 atau sebesar 23% siswa masih memiliki nilai dibawah 70. erdapat peningkatan hasil belajar IPA materi pemanfaatan sumber energi peserta didik kelas IV SD Negeri 15 Banda Aceh setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaan discovery dengan N-Gain 58,15% dengan kategori cukup efektif.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.