PENGARUH MEDIA KIT IPA BERBASIS SEQIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA OTOT DI KELAS IV SD NEGERI 55 BANDA ACEH

Penulis

  • Lesta Maria
  • Safrina Yunita
  • Haris Munandar

Kata Kunci:

Science learning, SEQIP-based natural science KIT learning.

Abstrak

Rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya pada ranah kognitif dan psikomotorik siswa dan kurangnya penggunaan media pembelajaran menggunakan media KIT IPA  SEQIP dalam kegiatan belajar mengajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh. Rumusan penelitian ini adalah “Apakah Terdapat pengaruh media KIT IPA Berbasis SEQIP terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa pada materi gaya otot di Kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media KIT IPA Berbasis SEQIP terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya otot di Kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh. Desain penelitian ini merupakan penelitian one group pre-test & post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Instrumen tes pre-test dan post-test berupa tes pilihan ganda sebanyak dua puluh butir soal, Terdapat empat indikator di Lembar Observasi. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil pengumpulan data dengan menggunakan observasi dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam menggunakan media KIT IPA berbasis SEQIP sudah berkembang sangat baik. Analisis data menggunakan Uji-T pada program SPSS. Hal ini ditunjukan dengan nilai analisis data dengan menggunakan metode t-test sehingga hipotesis Ho diterima”Media KIT IPA Berbasis SEQIP berpengaruh terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi gaya otot di Kelas IV SD Negeri 55 Banda Aceh”.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar