PENGEMBANGAN MEDIA ROLPAN (ROL PANAH) BERBASIS MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA PENGURANGAN BILANGAN BULAT SD NEGERI 15 BANDA ACEH

Penulis

  • Dhea Maulida Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Safrina Junita Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengembangan , Media Rolpan, Model Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt), Kemampuan Berhitung, Pengurangan Bilangan Bulat, Pengembangan ,Media Rolpan, Model Kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Kemampuan Berhitung, Pengurangan Bilangan Bulat.

Abstrak

Peringkat pendidikan di Aceh dari seluruh Provinsi di Indonesia ada pada peringkat 27. Dinas Pendidikan Aceh berhasil menaikkan peringkat hasil kelulusan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditingkat  Sekolah di Aceh di tahun 2019. Aceh berada diurutan ke-27 dari sebelumnya di urutan ke-34 secara nasional. Di peringkat ke-27, Provinsi Aceh berada satu tingkat di atas Papua dan masih di bawah Gorontalo dan Sulawesi Selatan di posisi 25 dan 26. Artinya Pendidikan di Aceh ada pada rangking 7 dari urutan bawah dan dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia “Dinas Pendidikan Banda Aceh dalam Serambi News (2019)”. Dari hasil observasi-observasi yang telah dilakukan di beberapa sekolah menurut beberapa sumber dari guru nilainya masih kurang memuaskan  atau tidak mencapai dari KKM (70) yang diharapkan pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi hitung pengurangan bilangan bulat Positif (+) dan Negatif (-). Termasuk SD Negeri 15 Banda Aceh kelas VI yang telah di lakukan observasi,  siswa tidak mencapai indikator Ketuntasan Klasikal (70) yang telah ditetapkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa adalah dengan mengembangkan strategi pembelajaran kooperatif. Dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif ada beberapa hal yang harus guru lakukan yaitu melibatkan siswa secara aktif, menarik minat dan berpikir siswa, membangkitkan motivasi siswa, memperhatikan kemampuan siswa dan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran yang  dapat meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan bilangan bulat Positif (+) dan Negatif (-) siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat, sehingga prestasi belajar siswa dapat terus meningkat. Media rol panah berbasis model  Teams Game Tournament (TGT)  diharapkan bisa jadi salah satu alternatif model yang inovatif dan kreatif apalagi di sertakan sebuah permainan berkelompok, untuk mendapatkan skor terbanyak dengan bantuan media garis bilangan yang dinamai rolpan (rol panah) apalagi media rol panah adalah pengembangan dari media garis bilangan putus-putus yang menyertakan sebuah permainan, karena pada siswa SD Negeri 15 Banda Aceh masih lebih suka bermain dari pada belajar berhubung matematika menurut siswa adalah pelajaran paling membosankan. Dalam penelitian yang telah dilakukan di kelas VI SDN 15 Banda Aceh terjadi peningkatan kemampuan berhitung peserta didik yang signifikan baik dalam ranah pengetahuan nya. Ketercapaian ini terlihat dari sebelum adanya media rol panah berbasis model kooperatif TGT peserta didik memperoleh rerata nilai yang rendah sebesar 28,4 %, Sedangkan setelah menggunakan media rol panah berbasis TGT peserta didik mendapatkan nilai rerata sebesar 80%. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar