PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI GAYA

Penulis

  • Shinta Ovalisda
  • Zaki Al Fuad
  • Safrina Yunita

Kata Kunci:

Take and Give, Gaya.

Abstrak

Kurang maksimalnya hasil nilai pengetahuan peserta didik dikarenakan sebagian pendidik masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi terhadap materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran terbaru yang sesuai dengan beragam karakteristik siswa SD adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Rumusan penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi gaya”? Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh. Metode penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian ini merupakan penelitian one group pre-test & post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Instrumen tes pre-test dan post-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus uji Chi Kuadrat. Hasil pretest Chi-Kuadrat hitung = 10,3 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (10,3 < 11,0). Hasil post-test Chi-Kuadrat hitung = 5,1 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (5,1 < 11,0). Analisis hipotesis thitung = 26,77 ttabel adalah 2,05 thitung  > ttabel (26,77 > 2,05). Analisis N-Gain pretest g = 36 kategori sedang sedangkan post test g = 75 kategori tinggi. Dari perbedaan analisis N-Gain pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe take and give berpengaruh terhadap kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi Gaya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar