ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR

Penulis

  • Salma Yanti Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Munandar Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

keterampilan; variasi mengajar; kendala.

Abstrak

Keterampilan mengadakan variasi merupakan keterampilan mengajar yang ditentukan oleh pengetahuan dan kreativitas guru. Data awal dari hasil observasi dalam komponen penggunaan media dan bahan ajar mengalami masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pada kelas IVdi SDNegeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar dan Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pembelajarapadakelas IV di SDNegeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran pada kelas IVdi SDNegeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pembelajarapadakelas IV di SDNegeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan selama 1 minggu di SD Negeri Kajhu. Subjek penelitian adalah guru kelas IV di SD Negeri Kajhu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa guru telah cukup terampil dalam mengadakan variasi pembelajaran dengan berbagai metode dan media selama proses pembelajaran berlansung. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam pengadaan variasi pembelajaran adalah karakter siswa yang berbeda serta masih kurangnya media yang bisa digunakan ileh guru dalam penerapan variasi pembelajaran karena masih terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-24

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar