Penerapan Teknik doll speak untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas III SD Negeri 10 Banda Aceh

Penulis

  • Surmaniati Surmaniati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Teknik Doll Speak, Keterampilan Siswa Bercerita

Abstrak

Artikel ini berisi tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi bercerita pada
siswa kelas III SD Negeri 10 Banda Aceh. Diperoleh permasalahan yang terjadi yaitu
keterampilan bercerita untuk menyampaikan suatu cerita seorang siswa dalam pembelajaran
bahasa Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam
penelitian ini peneliti ingin meningkatkan keterampilan bercerita melalui teknik doll speak
pada siswa kelas III SD Negeri 10 Banda Aceh menggunakan rancangan penelitian PTK
(Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa
proses pembelajaran bercerita menggunakan teknik doll speak pada siswa kelas III B terjadi
peningkatan. Peningkatan produk bercerita dengan teknik doll speak dapat dilihat dari
meningkatnya penilaian terhadap keterampilan bercerita siswa terhadap aspek isi cerita,
pilihan kata, ketepatan logika cerita, ekspresi dan tingkah laku, volume suara, dan kelancaran
siswa saat bercerita. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 20,92. Selanjutnya pada siklus II
nilai rata-rata siswa menjadi 23,16. Sebanyak 22 siswa nilainya sudah tuntas karena diatas 75.
Sedangkan 3 siswa masih dibawah KKM dengan nilai 70. Dengan demikian, keterampilan
bercerita siswa kelas III B SD Negeri 10 Banda Aceh telah mengalami peningkatan baik secara
proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan teknik doll speak. Selain itu
respon siswa dalam pembelajaran bercerita mendapat perhatian dari siswa. Motivasi siswa
dalam bercerita juga terlihat lebih timbul dan hampir semua siswa ingin memunculkan ide
dan berani bercerita dengan menggunakan media doll speak yang menyenangkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia