PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA BUKU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B-5 TK ADHYAKSA 14 LAMPINEUNG BANDA ACEH
Kata Kunci:
Mengenal huruf, buku huruf.Abstrak
Kemampuan mengenal huruf harus dikuasai oleh anak TK karena pengenalan terhadap
huruf termasuk modal awal memiliki keterampilan membaca, kemampuan tersebut
belum berkembang dengan baik di Kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Banda Aceh. Oleh
karenanya diperlukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media buku huruf
pada anak kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan
desain Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi model Kemmis dan MC Taggart
dengan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan
refleksi. Jumlah subjek sebanyak 11 orang anak, pengumpulan data dilakukan melalui
observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik diskriptif melalui rumus
persentase dengan indikator keberhasilan sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media buku huruf anak
kelompok b-5 TK Adhyaksa 14, yaitu pra siklus 36,36%, hasil siklus II meningkat menjadi
52,28%dan pada siklus II meningkat menjadi 81,82% melebihi standar perkembangan
peserta didik yang ditetapkan sebanyak 80%. Aktivitas guru dalam pembelajaran
mengenal huruf menggunakan media buku huruf pada siklus I dikategorikan baik
dengan skor 75% meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan skor 100%.
Aktivitas anak dalam pembelajaran mengenal huruf menggunakan media buku huruf
pada siklus I dikategorikan cukup dengan skor 70,50%, meningkat menjadi sangat baik
pada siklus II dengan skor 98,25%. Dapat disimpulkan bahwa media buku huruf mampu
meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Banda
Aceh.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.