Peningkatan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VB SDN 10 Banda Aceh
Kata Kunci:
Role Playing, Aktifitas Belajar SiswaAbstrak
Dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dapat tercipta apabila menerapkan metode
pembelajaran dan penggunaan media yang menarik sehingga peserta didik termotivasi dalam
belajar dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran menjadi salah faktor penting karena mempengaruhi tingkat kemampuan siswa.
Penelitian ini dilakukan pada kelas VB di SDN 10 Banda Aceh dengan meningkatkan aktifitas
belajar siswa menggunakan metode role playing. Sebelum tindakan dilakukan pra siklus
diaksanakan dengan mengamati siswa dengan indikator: turut serta dalam melaksanakan
tugas beajar, meatih diri menyelesaikan tugas, menilai kemampuan diri dan hasil yang
diperoleh siswa, terlibat dalam diskusi dan pemecahan masalah dengan jumlah rata – rata
7,52. Pada siklus I dalam penerapan metode role playing masih kurangnya aktif siswa pada
saat proses pembelajaran berlangsung dengan didapatkan nilai skor rata – rata 20,63.
Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan keaktifikan siswa pada proses pembelajaran
didapatkan skor rata – rata 27,41 di buktikan banyaknya siswa yang menjelaskan dengan
lancar, menjawab pertanyaan guru, dan memberikan saran pada setiap diskusi yang
dilakukan. Aspek indikator dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa adalah isi informasi,
pilihan kata, ketepatan menjelaskan, ekspresi dan tingka laku, kelancaran, dan volume suara.
Oleh karena itu penerapan metode role playing dengan meningkatkan aktifitas belajar siswa
dapat di terapkan di kelas VB SDN 10 Banda Aceh serta dapat juga di terapkan pada kelas lain
juga.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.