Analisis Keterkaitan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B2 Di TK Save The Kids Banda Aceh.

Penulis

  • Sarah Sarah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriati Fitriati Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak.

Abstrak

Pola asuh otoriter adalah bentuk pola asuh yang menekankan pada pengawasan
orang tua agar anak tunduk dan patuh. Anak-anak yang berasal dari keluarga yang
menerapkan keteraturan dan pengawasan ketat tidak memperlihatkan mereka
cenderung tidak bahagia, menyendiri, dan sulit mempercayai orang lain. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterkaitan pola asuh otoriter orang
tua terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B2 di TK Save The
Kids. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripsikan. Subjek penelitian ini adalah TK B2, sebanyak 10 anak perserta didik
dan 10 orang tua murid. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan
observasi. Dengan berbagai pertimbangan subjek di ambil sebanyak 2 orang tua
yang terindikasi melakukan pola asuh otoriter dan observasi perkembangan sosial
emosional anak terindikasi hanya 2 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat dari 2 orang tua yang memiliki gaya yang otoriter, yaitu responden 09
dengan nilai persentase 54% dan responden 10 dengan nilai peresentase 63%.
Sedangkan mengenai perkembangan sosial emosional anak diperoleh hasil dengan
nilai total:1,2+0,8=2F dan nilai rata-rata:12+8=20%. Dan terdapat di
perkembangan sosial emosional anak ada 2 orang anak. Hasil penelitian ini ada
keterkaitan pola asuh otoriter orang tua terhadap perkembangan sosial emosional
anak kelompok B2 di TK Save The Kids Banda Aceh memberikan dampak
negatif dan positif bagi anak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20