Pengembangan LKPD Berbasis Digital Pada Materi Sejarah di Kelas IV SD SDN 72 Banda Aceh
Kata Kunci:
Lkpd, Digital, Materi SejarahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis digital pada materi
sejarah di kelas IV SDN 72 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian pengembangan ( Research and Development ). Dengan model penelitian
pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Dari
penelitian ini menghasilkan produk LKPD berbasis digital yang telah melalui proses
pengembangan LKPD berdasarkan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah
validator, pendidik, dan peserta didik. Rata-rata penilaian yang dihasilkan dari validasi
produk adalah, ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 92,5% dengan kriteria (sangat valid),
ahli bahasa nilai rata-rata 87,5% dengan kriteria (sangat valid), ahli desain nilai rata-rata 90%
dengan kriteria (sangat valid). Dan untuk hasil tanggapan pendidik mendapatkan nilai ratarata 86% dengan kriteria (sangat praktis), peserta didik nilai rata-rata 91,1% dengan kriteria
(sangat praktis). Hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata rata siswa melebihi
KKM dengan rata-rata nilai 90-100 maka dapat di lihat bahwa perkembangan hasil belajar
peserta didik menggunakan LKPD berbasis digital berkembangan sesuai harapan.
Keefektifan LKPD berbasis digital pada materi sejarah di kelas IV SD yang dikembangkan
memiliki kualitas yang baik hal ini dibuktikan dengan nilai peserta didik yang telah diuji
dengan menggunakan LKPD berbasis digital yang dikembangkan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.