PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD SUBULUSSALAM KOTA BANDA ACEH

Penulis

  • Rizkiati Rizkiati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ully Muzakir Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Huruf Hijaiyah, Media Audio Visual

Abstrak

Media audio-visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksikan gambar bergerak
dan bersuara. Paduan anatara gambar dan suara membentuk karakter sama dengan obyek
aslinya. Alat-alat yang termasuk dalam kategori media audio-visual adalah: televise, videoVCD, sound dan film. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah meningkatkan kemampuan
mengenal huruf hijaiyah melalui media audio visual pada anak Kelompok B PAUD
Subulussalam Kota Banda?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimanakah
peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media audio visual pada anak
Kelompok B PAUD Subulussalam Kota Banda. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas diartikan sebagai penelitian yang
berorientasi pada penerapan tindakan dengan tujuan peningkatan mutu atau pemecahan
masalah pada sekelompok subjek yang diteliti yang mengamati tingkat keberhasilan atau
akibat tindakannya, untuk kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat
penyempurnaan tindakan atau penyesuaian dengan kondisi dan situasi sehingga diperoleh
hasil yang lebih baik. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di kelompok B
PAUD Subulussalam Kota Banda Aceh, yaitu sebanyak 10 anak yang terdiri dari 5 laki-laki
dan 5 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas
anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak),
kategori mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak)
dan kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori
belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak).
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual
dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak kelompok B di PAUD
Subulussalam Kota Banda. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20