IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SD KUTA RENTANG

Penulis

  • Rita Sahara Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Experiential Learning, Sikap Kerjasama dan Tanggung Jawab, Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk
Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI
SDN Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah Untuk mengetahui
aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa pada
pembelajaran ipa kelas VI SDN Kuta Rentang. Untuk mengetahui penerapan metode Model
Pembelajaran Experiential Learning dalam meningkatkan sikap kerjasama dan tanggung
jawab siswa pada pembelajaran ipa kelas VI SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini
adalah IPA siswa kelas VI SDN Kuta Rentang yang jumlah siswanya 8 siswa terdiri dari 5
laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi
dan tes tulis. Teknik analisis data dengan mengunakan Rumus Rata-rata. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Aktivitas Mengajar guru pada siklus I lebih rendah dibandingkan siklus
II. Aktivitas belajar siswa pada pada siklus I lebih rendah dibandingkan siklus II. Penilaian
kerja sama pada siklus I jumlah keseluruhan 13 dengan nilai rata-rata 2,16 % dikateorikan
kurang. penilaian kerja sama siklus II dengan jumlah keseluruhan 20 dengan nilai rata-rata
3,33 % dikateorikan Baik. Penilaian tanggung jawab siklus 1 dengan jumlah total sebesar 14
dengan nilai rata-rata 2,16 % dikateorikan kurang. Penilaian tanggung jawab siklus 1 dengan
jumlah total sebesar 18 dengan nilai rata-rata 3,6 % dikateorikan Baik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar