Model Think Pair Share Berbasis Video Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SD

Penulis

  • Renika Wahyuni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pengaruh, TPS Berbasis Video Animasi, Pembelajaran Matematika.

Abstrak

Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran
kooperatif. Model ini mengedepankan siswa untuk berperan aktif bersama dengan teman
kelompoknya dengan cara berdiskusi untuk memecahkan suatu permasalahan. Tempat
penelitian di laksanakan di kelas IV SD Negeri Limpok. Di masa pandemi covid 19 banyak
cara dilakukan pihak sekolah SD Negeri Limpok untuk pembelajaran tetap berlangsung
seperti menerapkan pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah, apakah dengan menggunakan model think pair share
berbasis video animasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi
bangun datar ? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ntuk mendeskripsikan atau
menggali sejauh mana pengaruh penggunaan model think pair share berbasis video animasi
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar. Penelitian ini pendekatan
kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka)
yang diolah dengan metoda statistika. Subjek pada penelitian ini adalah Peserta didik.
Rata-Rata penilaian yang dihasilkan dari validasi produk, peserta didik yaitu 73 - 100%
dengan kriteria ( sangat layak), ahli kelayakan mendapatkan rata-rata 73.5 dengan kriteria (
sangat layak).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar