Efektivitas Pembelajaran Teks Editorial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Penulis

  • Refi Samsusi Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Teuku Mahmud Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Wahidah Nasution Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, Pembelajaran Teks Editorial.

Abstrak

Dalam pembelajaran Teks Editorial, guru berperan sebagai fasilitator yang
memberikan materi pembelajaran dan pengetahuan tentang teks editorial.
Pembelajaran teks editorial akan terlaksana dengan baik apabila ada
kerjasama yang baik antara guru dan siswa. Berdasarkan pengamatan
ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran
teks editorial, diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru
monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga peserta didik
menjadi kurang aktif, jenuh cara mengajar guru kurang menarik, guru
hanya menerangkan dan memberikan tugas, dan hasil belajar peserta
didik menjadi kurang optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu: Apakah penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial
pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar?.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Teks
Editorial Menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam
Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 1 yang berjumlah 27
siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis uji t,
diperoleh
hitung t
>
tabel t
yaitu 11 > 1,70 ini berarti t berada pada daerah
penolakan H0 sehingga Ha dapat diterima pada taraf signifikansi  = 0,05.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together efektif dalam Pembelajaran Teks Editorial
pada siswa kelas XII MIA 1 SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20