EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ARRISALAH BILINGUAL SCHOOL

Penulis

  • Rasmidar Rasmidar Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriati Fitriati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Bentuk Geometri

Abstrak

Mengenal bentuk geometri pada anak usia dini dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan,
salah satunya dengan pendekatan saintifik adalah salah satu cara pemberian pengalaman
belajar dengan memberikan anak persoalan-persoalan yang sehari-hari dipecahkan secara
kelompok maupun individu. Pendidikan anak usia dini harus dinyatukan dengan lingkungan
kehidupan anak yang banyak menghadapkan dengan pengalaman langsung. Tujuan
penelitian untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran saintifik untuk mengenal
bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Ar-Risalah Bilingual School Banda Aceh.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah eksprimen dengan jenis penelitian one-gruop
pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Ar-Risalah Biligual
Shcool dengan jumlah 8 anak. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar tes yang terdiri
dari soal pre test dan post test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran anak
usia dini dengan menggunakan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan kemampuan
mengenal bentuk geometri anak kelompok B TK Ar-Risalah Bilingual School Banda Aceh.
Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung pada kemampuan mengenal bentuk geometri anak
7,14 dan tabel t pada taraf siqnifikan ɑ = 0,05 dan dk = 7 diperoleh ttabel = 3,79 karena thitung
memenuhi kriteria thitung > ttabel= 7,14 > 3,79 maka H0 di tolak dan H0 diterima. Artinya
pendekatan saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri pada
anak usia dini di TK Ar-Risalah Bilingual School Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20