Analisis Metode Bercerita Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara Pada Kelompok B Di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar

Penulis

  • Novia Nuzul Fani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ayi Teiri Nurtiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Metode bercerita, menstimulasi keterampilan berbicara anak

Abstrak

Metode bercerita adalah suatu cara pembelajaran yang dilakukan seorang guru atau orang
tua untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau sebuah dongeng belaka kepada anak,
yang biasa dilakukan secara lisan atau tertulis metode bercerita yaitu menyampaikan suatu
informasi secara lisan kepada anak dapat menggunakan media atau tidak menggunakan
media. Cara penyampaian atau penyajian materi secara lisan dengan alat atau tanpa alat,
untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada pendidik, bercerita adalah suatu kegiatan
yang menjelaskan terjadinya suatu hal, peristiwa dan kejadian yang dialami diri sendiri
maupun orang lain. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui analisis metode bercerita
dalam menstimulasi keterampilan berbicara, Untuk mengetahui rancangan kegiatan dengan
metode bercerita dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara, dan Untuk mengetahui
permasalahan dalam Metode Bercerita untuk Menstimulasi Keterampilan Berbicara Pada
Kelompok B Di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar. Metode yang dilakukan adalah wawancara,
Observasi, dan Dokumentasi. Hasil wawancara yang dilakukan dengan 2 guru di PAUD
Ibnu Sina Aceh Besar Hasil wawancara yang dilakukan dengan dua guru di PAUD Ibnu
Sina Aceh Besar. Setiap Anak memiliki Perbedaan atau karakter masing-masing, dalam
mendengarkan menyimak anak ada yang mendengarkan dan ada yang tidak
mendengarkan, ada juga anak yang berlari-larian, asik dengan dirinya sendiri dan ada anak
yang duduk diam mendengarkan cerita. Berbicara dalam mendengarkan cerita anak bisa
menjawab pertanyaan setelah guru bercerita, berbicara adalah pengucapan kata, bunyibunyi yang mengekspresikan wajah atau tubuh dalam mengucapkan kalimat. Dalam
permasalah proses pembelajaran yaitu karakteristik anak, minat dan bakat anak dalam suatu
pembelajaran jika anak minat dalam proses belajar anak benar-benar memperhatikan guru
yang berada didepannya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20