Efektifitas Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Materi Program Linear Kelas XI MAN 2 Aceh Besar
Kata Kunci:
Efektivitas, Kooperatif Tipe Jigsaw, Komunikasi Matematis SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi program linear kelas XI MAN
2 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Metode yang
digunakan dalam penlitian eksperimen adalah One – Group Pretest – Posttest desain,
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 18.
Instrumen penelitian ini menggunakan RPP,LKPD, Tes kemampuan komunikasi
matematis siswa dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan Pretest dan
postes. Sedangkan teknik analisis uji normalitas ditribusi, uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis prites dan postes. Hasil uji normalitas data
di dapatkan bahwa variabel X1 (pretest) pada kondisi normal yaitu X1 hitung < X1 tabel
dengan nilai -51,84 < 9,488 sedangkan variabel X2 (postest) juga pada kondisi normal
yaitu ????2 hitung < ????2 tabel dengan nilai 7,67 < 9,488. Hasil uji homogenitas yang diperoleh
dari F hitung adalah 1,56 dan F tabel 1,94 dengan pengujian F hitung < F tabel maka data
tersebut bersifat homoge dan dari perhitungan uji T-test Sparated Varian di peroleh data
T hitung 0,016 dan T tabel 1,990. Apabila T hitung > T tabel maka Ha diterima, artinya
Terdapat efektifivitas yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di MAN 2 Aceh Besar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.