ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR STATISTIKA MELALUI RECIPROCAL TEACHING PADA KELAS XII.1 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

Penulis

  • Mika Yunisa Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Mik Salmina Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Ully Muzakir Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

kemampuan Belajar, reciprocal teaching

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah belum diketahui bagaimana model reciprocal
teaching dan belum diketahui bagaimana kemampuan belajar statistika siswa kelas XII
IPA.1 SMA Negeri 12 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
reciprocal teaching serta kemampuan belajar statistika siswa kelas XII IPA.1 SMA Negeri
12 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan
kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Penelitian studi kasus
adalah penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap
program, kejadian, proses, aktifitas, terhadap satu atau lebih orang. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang
menjadi subjek wawancara adalah siswa kelas XII.IPA 1 SMA Negeri 12 Banda Aceh.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 siswa dari 28 siswa dengan
kategori dua orang kemampuan tinggi, dua orang kemampuan sedang dan dua orang
kemampuan rendah. Tahapan yang dirancang dalam penelitian ini adalah: dokumentasi
lembar kerja siswa, mempersiapkan observasi, wawancara siswa SMA Negeri 12 Banda
Aceh dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan belajar siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 12 Banda Aceh melaui reciprocal
teaching tercapai dan efektif. hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil nilai lembar kerja
siswa yang diperoleh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20