PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B TK FKIP USK BANDA ACEH
Kata Kunci:
Metode bercerita, kotak bergambar, kemampuan berhitung.Abstrak
Pembelajaran berhitung yang selama ini dilakukan di TK FKIP USK diajarkan dengan
menggunakan metode-metode konvensional seperti ceramah dan pemberian tugas serta
pengisian LKA. Sementara pembelajaran berhitung jarang digunakan kolaborasi antara
metode dengan media sehingga tidak begitu menarik bagi anak. Oleh karena itu,
diterapkan metode bercerita menggunakan media kotak bergambar pada pembelajaran
berhitung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
bercerita menggunakan media kotak bergambar terhadap kemampuan berhitung anak
kelompok B TK FKIP USK Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Subjek penelitian kelompok B-5 yang berjumlah
12 orang anak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar
observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar
observasi. Data dianalisis menggunakan statistika. Hasil Penelitian menunjukkan: (1)
Sebelum dilaksanakan metode bercerita menggunakan media kotak bergambar, sebanyak
25% (3 anak) belum berkembang aspek berhitungnya, 58,33% mulai berkembang dan
sebanyak 16,67% berkembang sesuai harapan dan tidak ada anak yang berkembang
sangat baik yang ditemukan pada pengamatan awal. Setelah metode bercerita
menggunakan media kotak bergambar dilakukan, jumlah anak yang mulai berkembang
8,33), anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 58,33% (7 anak) dan anak yang
berkembang sangat baik sebanyak 33,33%. (2) Metode bercerita menggunakan media
kotak bergambar berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B TK
FKIP USK Banda Aceh yang dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai thitung 13,33 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,80 (10,86> 1,80) pada taraf signifikan 5%.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.