PENERAPAN METODE 3-R (READ, RECORD, RECIDE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Penulis

  • Ira Puspita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Zaki Al-Fuad Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

3-R, Keterampilan, Menulis.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode 3-R (Read, Record Recide) Untuk Meningkatkan
Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas II SD Negeri 22 Banda Aceh”. Adapun yang
menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahu penerapan metode 3-R (Read, record,
Recide) dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas II SDN 22 Banda Aceh.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri (SDN) 22 Banda Aceh
26 siswa dengan rincian 12 siswa dan 14 Siswi. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan mengunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Siswa sikulus I nilai pretes rata-rata 2,42, Dan
nilai postes rata-rata 2,71. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pretes 3 (Baik), Dan nilai
postes rata-rata 3,57 (Baik). Aktivitas guru sikulus I nilai pretes rata-rata 2,42, Dan nilai
postes rata-rata 2,71. Sedangkan pada siklus II nilai pretes rata-rata 3 (Baik), Dan nilai postes
rata-rata 3,57 (Baik). Hasil keterampilan membaca dapat dilihat bahwa rata-rata pretes siklus I
berjumlah 39,46, tingkat ketuntasan berjumlah 3,84% dan Skor tertinggi 70 dan skor terendah
30.rata-rata postes siklus I berjumlah 47,73, tingkat ketuntasan berjumlah 23,07% dan Skor
tertinggi 80 dan skor terendah 30. Sedangkan rata-rata nilai pretes siklus II berjumlah 63,34,
tingkat ketuntasan berjumlah 50% dan Skor tertinggi 85 dan skor terendah 30. Kemudianratarata postes siklus II berjumlah 73,07, tingkat ketuntasan berjumlah 88,46% dan Skor tertinggi
85 dan skor terendah 45.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Bahasa Indonesia