ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN PENERAPAN MEDIA TANGGA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD IBNU SINA ACEH BESAR
Kata Kunci:
Kemampuan Berhitung, Media Tangga PintarAbstrak
Dalam pembelajaran berhitung diperlukan cara yang bervariasi supaya anak tidak jenuh
dalam belajar dan sesuai dengan kemampuan anak didik. Permainan merupakan salah satu
cara yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga
dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa
sehingga proses belajar mengajar terjadi. Rumusan Masalah adalah : 1. Bagaimana
gambaran perkembangan berhitung anak usia dini di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar? 2.Apa
saja kegiatan yang dilakukan dalam melatih perkembangan berhitung anak usia dini di
PAUD Ibnu Sina Aceh Besar? 3. Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam
mengembangkan berhitung anak usia dini di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar?.Tujuan
penelitian ini adalah : 1. Mengetahui bagaimana gambaran perkembangan berhitung anak
usia dini di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar. 2. Mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan
dalam melatih perkembangan berhitung anak usia dini di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar. 3.
Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan berhitung anak
usia dini di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 2 orang tua anak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : Tahapan kemampuan berhitung anak sangat meningkat
dikarenakan anak mau belajar dalam mengembangkan kemampuan berhitung.
Permasalahan yang ada saat pembelajaran berlangsung anak yang tidak mau
mendengarkan dan tidak mau diam dalam belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh
peneliti di PAUD Ibnu Sina Aceh Besar didapatkan hasil yaitu bahwa perkembangan
kemampuan berhitung anak berada pada kategori BB 1 anak ( 10%), MB 1 anak ( 10%),
BSH 3 anak ( 30%) dan BSB 5 anak ( 50%).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.