ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-WASHLIYAH BANDA ACEH
Kata Kunci:
Perkembangan Sosial Emosional AnakAbstrak
Perkembangan sosial emosional adalah kepekaan anak untuk memahami perasaan orang
lain ketika berinteraksi dalam kehidupan seharu-hari. Untuk mengembangkan atau
mencerdaskan sosial emosional anak-anak di berikan stimulus melalui permainan yang
sesuai denagn tingkat perkembangn sosial emosional anak. Tujuannya adalah 1.
Mengetahui perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK Al-Washliyah Banda
Aceh. 2. Mengetahui kegiatan yang dilakukan dalam melatih perkembangan sosialemosional anak usia dini di TK Al-Washliyah Banda Aceh. 3. Mengetahui kendala yang
dihadapi guru dalam mengajarkan perkembangan sosial-emosional anak usia dini di TK AlWashliyah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 2 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : Kemampuan sosial emosional anak berkembang dengan baik, seperti yang telah
dijelaskan diatas anak sudah mampu bermain dengan teman sebayanya, tidak mudah
marah saat bermain bersama, menunggu giliran dalam bermain alat permainan. Kegiatan
sosial emosional anak itu diajarkan dalam proses pembelajaran karna dari awal
pembelajaran kita sudah mengajarkan kemampuan sosial emosional kepada anak, contoh
guru membimbing anak dalam bermain bersama, mengajarkan anak bagaimana cara
menghargai teman yang lain. Kendala dalam kemampuan sosial emosional anak yang
dihadapi oleh guru dalam menerapkan kemampuan sosial emosional kepada anak yaitu
karan anak memiliki 3 Lingkungan, lingkungan sekolah, lingkungan bermain, dan
lingkungan keluarga. Ketika anak sudah di ajarkan untuk bertanggung jawab akan tetapi
sampai dirumah tidak dibantu atau dilanjutkan oleh keluarga/orang tua anak mungkin
karna kesibukan orang tua.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.