PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SUB TEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI IBOH KECAMATAN SEULIMEUM

Penulis

  • Fitriani Fitriani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Helmiansyah Helmiansyah Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Kooperatif Tipe STAD, Hasil belajar.

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
(Student Team Achievment Division) Pada Subtema Peristiwa Kebangsaan
Seputar Proklamasi kemerdekaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
V SD Negeri Iboh Kecamatan Seulimeum”. Adapun yang menjadi tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model STAD dapat
meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada sub tema peristiwa kebangsaan
kebangsaan proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri Iboh
Kecamatan Seulimeum. Untuk mengetahui model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Team Achievement Division) Pada subtema peristiwa kebangsaan
seputar proklamasi kemerdekaan dapat meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas V
SD Negeri Iboh Kecamatan Saulimeum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Iboh yang berjumlah 21 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data
dengan mengunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan skor
sebesar 2.6 kategori pertemuan II 2,73 pada siklus II pertemuan I berjumlah 2,54
Kategori baik pertemuan II berjumlah 2,72. hal ini menunjukkan aktivitas guru
mengelola pembelajaran semakin meningkat dari siklus I ke siklus II. Aktivitas
siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model STAD meningkat pada
setiap siklus yaitu, pada siklus I pertemuan 1 adalah 2.54 kategori kurang
pertemuan II berjumlah 2,73, siklus II pertemuan I adalah 3,9 kategori baik, dan
pertemuan II berjumlah 4,1 hal ini menunjukkan aktivitas belajar siswa semakin
meningkat dari setiap siklus. Hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, pertemuan I (satu) nilai rata-rata sebesar 66,42, Tuntas berjumlah 52,33, Tidak tuntas
berjumlah 47,62. siklus I pertemuan I berjumlah 75,71 dan pertemuan ke II nilai
rata-rata sebesar 76,90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar