PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN KUTA RENTANG

Penulis

  • Fakhriani Fakhriani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Cut Marlini Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

Perkembangan Kognitif, Pembelajaran IPA, Metode Role Playing

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Perkembangan Kognitif Pada Pembelajaran IPA Melalui
Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V SDN Kuta Rentang”. Adapun yang menjadi tujuan
penulisan ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode
pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran
IPA siswa kelas V SDN Kuta Rentang. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran
Role Playing dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran IPA siswa kelas
V SDN Kuta Rentang. Subjek dalam penelitian ini adalah IPA siswa kelas V SDN Kuta
Rentang yang jumlah siswanya 8 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes tulis. Teknik analisis data dengan
mengunakan Rumus Rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengelola
pembelajaran pada siklus I lebih rendah dari siklus II yaitu nilai siklus I sebesar 2,64, siklus II
sebesar 3,45. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Roll Playing juga
pada siklus II lebih unggul dari siklus I. Nilai siklus I berjumlah 2,45 dan siklus II berjumlah
3,45. Nilai rata-rata peningkatan Perkembangan Kognitif pada pembelajaran IPA melalui
metode Roll Paling pada siklus I sebesar 67,5 dan siklus II sebesar 75. Jadi dapat disimpulkan
bahwa peningkatkan perkembangan kognitif pada pembelajaran IPA melalui metode Role
Playing dimana siklus II lebih tinggi dibandingkan siklus I. Jadi dapat disimpulkan bahwa
setelah melakukan rangkaian kegiatan pembalajaran, maka hasil perkembangan kognitif
dikatakan tuntas, maka tidak perlu dilanjutkan ke siklus II.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar