MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA DENGAN PERMAINAN ULAR NAGA PADA ANAK KELOMPOK B TK SATU ATAP SD LAMBIRAH
Kata Kunci:
Mengenal Lambang Bilangan, Media Kartu Angka, Permainan Ular NagaAbstrak
Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sangat penting dikembangkan guna
memperoleh kesiapan dalam mengikuti pembelajaran di tingkat yang lebih tinggi
khususnya dalam penguasaan konsep matematika. Rumusan masalah yang diupayakan
dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan mengenal
lambang bilangan melalui penggunaan media kartu angka dengan permainan ular naga
pada anak kelompok B TK Satu Atap SD Lambirah ?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk
mengetahui bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan
melalui penggunaan media kartu angka dengan permainan ular naga pada anak kelompok
B TK Satu Atap SD Lambirah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah PTK dengan penggunaan 2 siklus. Sampel penelitianini yaitu 10 orang anak
kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran observasi aktivitas anak
pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori belum berkembang 40% (4 anak), kategori
mulai berkembang 20% (2 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (2 anak) dan
kategori berkembang sangat baik 20% (2 anak). Sedangkan siklus II tidak ada kategori
belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang
sesuai harapan adalah 10% (1 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 70% (7 anak).
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu
angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B di
TK Satu Atap SD Lambiran Aceh Besar.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.