Analisis Keterampilan Menulis Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh
Kata Kunci:
keterampilan, menulis.Abstrak
Keterampilan menulis adalah keterampilan seseorang untuk menuangkan ide
dalam sebuah tulisan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana
gambaran keterampilan menulis pada anak, kegiatan apa saja yang dilakukan guru,
kendala apa saja yang dihadapi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
gambaran keterampilan enulis pada anak, kegiatan yang dilakukan guru, kendala
yang dihadapi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru inti, dan guru pendamping kelas A1,
kelas A2, dan kelas A3 di TK Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Data dikumpulkan
melalui wawancara, Obaservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran keterampilan menulis pada anak
usia 4-5 tahun Tk Islam Al-Azhar Cairo sudah berkembang dengan baik, dimana
kebanyakan anak sudah bisa menulis baik itu bentuk garis lengkung, miring, datar,
huruf, angka. Kegiatan yang dilakukan guru yaitu yang pertama guru melatih fisik
motorik halus anak dulu (meremas, menggunting) palido, plastisin dimana anak
membuat huruf atau angka dari plastisin, buku coretan pertama, memegang pensil
dengan benar, dan kegiatan dresing yaitu meniru huruf atau angka, menebalkan,
dan mengikuti garis titik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.