Pengembangan Media Wayang Planel untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Kelas II Negeri 72 Kota Banda Aceh

Penulis

  • Ela Ponna Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Musdiani Musdiani Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Aprian Subhananto Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

media pembelajaran, Wayang Planel, hasil belajar

Abstrak

Kegiatan pembelajaran di kelas II terlihat bahwa penggunaan media masih sangat kurang
digunakan oleh guru. Beberapa siswa terlihat sangat bosan mengikuti pembelajaran dan
kurang menyimak saat pembelajaran berlangsung. Sehingga media-media yang digunakan
untuk pembelajaran harus di tingkatkan untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran
PKN. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggembangan media wayang planel
dapat meningkatkan hasil belajar PKN? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)
Meningkatkan hasil pembelajaran PKN dengan menggunakan media wayang planel. (2)
Mengembangkan media wayang planel dalam pembelajaran PKN. Penelitian ini
menggunakan penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Sumber valdiasi terdiri
dari ahli materi, ahli desain dan guru kelas, hasil belajar menggunakan soal yang diberikan
kepada seluruh siswa. Hasil penelitian pengembangan media wayang flanel diperoleh hasil
validasi ahli materi persentase kelayakan sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak, hasil
validasi ahli media sebesar 74,26% dengan kategori layak, dan validasi angket guru dengan
nilai 86% dalam kategori sangat layak, berdasarkan hal ini media wayang planel berada pada
kategri sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran, serta hasil belajar
siswa meningkat dengan nilai rata-rata 81 yang melebihi batas KKM siswa, maka dapat di
lihat bahwa pengembangan media wayang planel dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran dalam penelitian ini bagi peneliti dapat mengembangkan media planel dengan tema
yang lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar, bagi pembaca dapat melakukan
pengembangan lebih lanjut terhadap media wayang planel agar dapat dihasilkan produk yang
inovatif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kepada guru dapat menerapkan media planel
dalam pembelajaran dan lebih memperhatikan siswa agar semua siswa dapat lulus dengan
nilai diatas KKM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20

Terbitan

Bagian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar