ANALISIS PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA ANAK KELOMPOK B TK BUNGONG NANGGROE KECAMATAN PADANG TIJI KAB. PIDIE

Penulis

  • Rosmiati Rosmiati
  • Fitriah Hayati
  • Lina Amelia

Kata Kunci:

pendidikan Karakter, tanggung jawab.

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran penanaman karakter tanggung jawab pada anak dan adakah kendala dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada anak di kelompok B TK Bungong Nanggroe Padang Tiji, Pidie? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan  dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Inti, Guru Pendamping, totalnya 3 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman nilai karakter sudah dilakukan oleh guru di sekolah baik melalui tindakan maupun pembiasaan. Selama ini guru selalu melakukan penanaman karakter tanggung jawab pada anak seperti  memberikan contoh yang baik pada anak, misalnya membuang sampah dilakukan pada tempat yang sudah disediakan, setelah bermain  harus membereskan kembali peralatan main, begitu juga dengan kegiatan makan  anak diharuskan untuk makan dengan teratur dan merapikan kembali peralatan makannya.  Adapun kendala yang dihadapi guru dalam penanaman karakter tanggung jawab pada anak yaitu kurangnya dukungan orang tua dalam penanaman karakter tanggung jawab pada anak. Orang tua lebih memprioritaskan kemampuan akademik sehingga karakter terabaikan.  Contoh lain, guru membiasakan anak  menyimpan peralatan makan dan peralatan main setelah digunakan, namun tidak demikian yang dilakukan oleh orang tua di rumah sehingga tidak adanya kesinambungan antara pembelajaran  di sekolah dengan di rumah. Selain itu, kesamaan visi misi dan sikap antara guru inti dan guru pendamping juga berdampak terhadap berhasilnya program di sekolah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-02