ANALISIS PEMBELAJARAN SAINS DI KELOMPOK B1 AL-KHAWARIZMI TK AL-AZHAR CAIRO BANDA ACEH
Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Pembelajaran SainsAbstrak
Kemampuan berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau
mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran,
gagasan, perasaan kepada pendengar. Maka untuk mengembangkan keterampilan berbicara
dibutuhkan metode yang menuntut anak untuk terlibat aktif didalamnya. Penelitian ini
bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana rancangan pembelajaran sains untuk anak
kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui bagaimana
kemampuan sains pada kelompok B di TK AL-Azhar Cairo Banda Aceh. Untuk mengetahui
kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan sains pada kelompok B di TK TK ALAzhar Cairo Banda Aceh. Jenis penelitian adalah analisis kualitatif dengan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak kelompok B di TK. Al-Azhar
Cairo Banda Aceh tentang analisis kemampuan sains anak yaitu : di TK Al-Azhar Cairo
Banda Aceh kususnya pada kelompok B terdapat 25 anak diantaranya 3 anak yang
kemampuan sainsnya belum meningkat sedangkan 22 anak lainnya sudah meningkat dalam
pengembangan kemampuan sains anak . Secara umum kemampuan sains anak di TK AlAzhar Cairo Banda Aceh berjalan dengan baik, serta anak sudah mampu dalam melakukan
kegiatan sain. Guru menggunakan berbagai media untuk menunjang kemampuan sains anak,
penggunaan media disesuaikan dengan kemampuan anak masing-masing. Kendala yang
terjadi pada anak tentang kemampuan sains anak di TK Al-Azhar Cairo Banda Aceh yaitu
masih terdapat anak yang belum mampu dalam melakukan pembelajaran sains. Dengan
demikian penanganan yang dilakukan pada anak yang kemampuan sainsnya belum
berkembang guru memberikan perhatian kusus, dengan menyesuaikan pembelajaran yang
cocok bagi anak.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.