ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PANTUN KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Kata Kunci:
tingkat pemahaman siswa, pantunAbstrak
Skripsi ini mendeskripsikan tentang tingkat pemahaman siswa pada materi
pantun (khususnya KD 3.9 dan KD 4.9) kelas VII1 SMP Negeri 8 Banda Aceh.
Pemahaman siswa merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh guru,
karena dengan mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pantun KD 3.9
dan KD 4.9 akan mempengaruhi guru dalam memberikan materi selanjutnya yang
tingkatannya lebih tinggi (KD 3.10 dan KD 4.10). Pendekatan dan metode yang
digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri
8 Banda Aceh yaitu ibu Fauziah, S. Pd., dan siswa kelas VII1 SMP Negeri 8 Banda
Aceh. Data dari penelitian ini adalah hasil wawancara peneliti dengan guru tentang
tingkat pemahaman siswa terkait materi pantun (khususnya KD 3.9 dan KD 4.9) dan
hasil jawaban siswa terkait materi pantun (tes) yang sudah peneliti bagikan
sebelumnya kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dapatkan, hasil
wawancara dan hasil jawaban siswa tentang tingkat pemahaman siswa kelas VII1
SMP Negeri 8 Banda Aceh sudah dikategorikan baik. Hal ini dapat dibuktikan
dengan hasil wawancara antara peneliti dengan guru yang menyatakan siswa mampu
dalam memahami materi pantun dan juga bisa dibuktikan dari hasil nilai siswa yang
mencapai KKM berjumlah 29 siswa dengan persentase 80,6%, siswa yang tidak
mencapai KKM berjumlah 3 siswa dengan persentase 8,3% dan siswa yang tidak
hadir berjumlah 4 siswa yaitu 11,1%. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi pantun (khususnya KD 3.9
dan KD 4.9) kelas VII1 sudah dikategorikan baik. Saran yang peneliti sampaikan
diharapkan guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menciptakan media
pembelajaran khususnya pada materi pantun sehingga pembelajaran dapat berjalan
dengan baik dan siswa dapat memahami materi dengan lebih baik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.