PENGEMBANGAN MEDIA POHON HURUF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK B-5 DI TK FKIP UNSYIAH

Penulis

  • Nurlaita Nurlaita Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriah Hayati Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Riza Oktariana Universitas Bina Bangsa Getsempena

Kata Kunci:

media, pohon huruf, mengenal huruf.

Abstrak

Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi
kepada penerima informasi. Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting
dalam proses kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian penelitian ini yaitu
(1) Bagaimana proses pengembangan media pohon huruf, (2) Bagaimana tingkat validasi
media pohon huruf, (3) Bagaimana penggunaan media pohon huruf untuk menstimulasi
kemampuan mengenal huruf anak kelompok B-5 di TK FKIP Unsyiah. Adapun yang
menjadi tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan
media pohon huruf, (2) Untuk mengetahui tingkat validasi media media pohon huruf. (3)
Untuk mengetahui penggunaan media pohon huruf untuk menstimulasi kemampuan
mengenal huruf anak kelompok B-5 di TK FKIP Unsyiah. Jenis penelitian adalah R&D
(Research and Development), instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media oleh
guru dan lembar observasi kemampuan mengenal huruf, data dianalisis dengan
menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan
media pohon huruf menunjukkan V1 (100%), V2 (100%), V3 (100%), V4 (94,2%), dan V5
(98,1%) dengan kategori sangat layak. Penggunaan media pohon huruf yang
dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak kelompok B-5
dengan jumlah 84,21% mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa pengembangan media pohon huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK
FKIP Unsyiah Banda Aceh dinyatakan sangat layak digunakan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-20